avatarfahmi

My Name is Fahmi. I’m a…

Designer
Untuk hampir semua kover buku Dee Lestari, sekaligus juga media promosi dan websitenya. Saya juga konsultan desain komunikasi visual PT. Solidaritas, desainer kover buku rilisan Bentang, dan Noura, beberapa media publikasi dan website Akatiga, dan banyak lagi. Saya sudah merancang selama lebih dari 14 tahun untuk berbagai klien dan level eksekusi. Dari mulai desain grafis: print, digital interface, Art & Design Directing, Visual Communication Strategic, et cetera.

Entrepreneur
Saya adalah die hard self employee. A guy who think his heart doesn’t belong to the office (somebody office), and stubborn enough to pursue it.

Teacher
Para tetangga memanggil saya ‘Pa Dosen’, dan memang saya adalah pengajar di bidang studi Desain Komunikasi Visual selama lebih dari 10 tahun.

Cycling Commuter
Saya bersepeda untuk lebih produktif, bukan konsumtif. Saya bersepeda kemana-mana (ke minimarket, tempat mengajar, sekolah anak, dsb), dan tidak kemana-mana (saya terlalu malas untuk jauh-jauhan dan ekstrim-ekstriman bersepeda) . Untuk saya, bersepeda bukanlah olahraga. It’s just something to get around, cheap, simple & cleanly. Away from fossil fuel footprint.

Credo

Ethic, Ethos, Apa yang saya yakini mengenai desain, apa yang membuat saya begitu ‘picky, or to simply put: how I get things done.

  1. Sebagian besar dari klien saya sudah bekerja dengan saya selama lebih dari 5 tahun. Merekalah yang membuat saya jadi begitu berhati-hati (obviously, you don’t want to mess with that kind of guy -who’ve stubborn enough working with people like me for all that long, don’t you?).
  2. Desain adalah jalan untuk memecahkan masalah dengan sesedikit mungkin menimbulkan masalah baru. Tantangan pertama dari setiap pkerjaan desain adalah gimana caranya desain nggak ‘ngagokin’ konten a.k.a esensi a.k.a substansi. Menarik adalah komponen berikutnya, menjadi cantik adalah bonus.
  3. Jika klien dan partner saya tidak dapat memahami apa yang dimaksud dengan kalimat diatas. Jika bahkan saya – melalui berbagai cara – tidak dapat membayangkan bagaimana cara mencapainya, saya tidak akan mengerjakannya.
  4. Hal yang paling memotivasi saya saat ini adalah mempraktekkan Good Design (& here too) secara konsisten, meminimalisir stress, menunaikan tanggung jawab dalam merawat alam dan lingkungan bioekologi, hidup secara sehat dan seimbang. Oleh karena itu saya sangat pemilih dalam:
    • Melakukan kegiatan offline. Saya menghindar kemacetan, membatasi penggunaan otomotif dan/atau kendaraaan pribadi, seorang diri, menghindari penggunaan kertas dan plastik baru, saya membatasi daging.  Saya hanya bisa traveling, di dalam maupun ke luar kota bila dirasa benar-benar perlu, dan sebagian besar pekerjaan saya dilakukan secara remote, dan/atau di home office, secara online, bersama klien dan rekan kerja lain dalam pola yang terdistribusi tidak sentralistik.
    • Melakukan rapat
    • Komunikasi kerja. Saya memilih text messaging, email dan blog private on daily basis, dan hanya mengangkat telepon untuk nomor yang saya kenal dan situasi yang saya anggap darurat.
  5. Saya tidak (dan tidak tertarik untuk) merancang produk (dan perusahaan) rokok, dan minuman beralkohol.
  6. Sebagian besar pekerjaan desain saya lakukan sendiri. Brick by brick, pixel by pixel.
  7. Saya tidak melakukan Free Pitching dan Spec Works. Kalau mau saya bekerja ya bayar, kalau nggak jangan. Kalo nggak ada uang, nabung saja dulu atau ikut program pro bono yang saya sediakan.
  8. Saya tidak meminjamkan (baca: sewa) ijasah untuk menggoalkan proses tender. Please ‘deh.

Awards

  • Pemenang desain sampul buku fiksi terfavorit pilihan pembaca di Festival Pembaca Indonesia 2010 yang diadakan oleh Goodreads Indonesia untuk buku Perahu Kertas dari Dewi Lestari.
  • Grafis Pendukung Produksi Terbaik di Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) 2009 untuk karya Rectoverso dari Dewi Lestari.
  • Juara I desain kover di Pesta Buku Bandung 2009 IKAPI untuk buku The Qur’an a Biography.
  • Juara 2 desain kover di Pesta Buku Bandung 2009 IKAPI untuk buku Galaksi Khinanti .
  • Desain kover terbaik di Islamic Book Fair, 2009 untuk buku The Amazing Stories of Al Qur’an.
  • Juara Kedua Lomba Poster nasional Anti Kekerasan – Komnasham – 2002

More info:

behanceg+ twittr 

Advertisements