Beberapa grup desainer, arsitek, CEO (dan staff eksekutifnya), lawyer, alumni sekolah bisnis dan anak-anak TK diminta untuk melakukan tantangan sederhana: dalam waktu 18 menit membangun menara setinggi mungkin dari 20 batang spaghetti, satu gulung benang, satu gulung selotip dan satu buah marshmallow (untuk ditempatkan di puncaknya). Siapa yang jadi pemenang dan seperti apa dinamika pencapaiannya?

TEDU2010_Tom_Wujec__Marshmallow_Challenge_2010_02_09_final.003

Selama beberapa tahun, Peter Skillman mengulangi Marshmallow Challenge diatas selama lebih dari 70 kali, di berbagai negara, dengan melibatkan berbagai grup profesi dan usia. Tantangan sederhana yang menghasilkan fakta jauh berbeda dari yang dibayangkan; grup anak-anak TK berhasil membangun menara melebihi tinggi rata-rata (yang dibangun oleh orang dewasa). Mengalahkan grup CEO, lulusan sekolah bisnis dan bahkan ahli hukum.

Anak-anak TK ini rata-rata masuk peringkat nomor 2 dibanding arsitek dan desainer yang tentunya, sudah dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan spesifik dalam membangun sesuatu. Mereka bahkan mengalahkan grup yang metode kerjanya didasarkan pada perencanaan, diskusi (adu argumen), pertengkaran dan bahkan kecurangan.

Simak kecemerlangan anak-anak TK (dan pada dasarnya sebagian besar anak-anak) tersebut dalam membangun sesuatu dari sini, dan sini.

 

Advertisements