Kiri: sampel ketika lebar nama brand diacukan ke lebar gambar. kanan: variasi komposisi yang lebih jelas dan mudah dibaca.
Kiri: sampel ketika lebar nama brand diacukan ke lebar gambar. Nama jadi sering “dikorbankan”, tidak terbaca. kanan: variasi komposisi yang lebih jelas dan mudah dibaca.

Itulah mengapa mengacukan lebar brand name (nama brand) kepada lebar gambar bisa fatal. Karena nama tersebut akan sulit dibaca begitu logo dipasang di ukuran kecil.

Sama fatalnya dengan membayangkan bahwa logo hanya akan terdiri dari satu komposisi. Ini prakonsepsi yang keliru, yang pada prakteknya bisa mendegradasi hal yang lebih penting dalam komunikasi visual: Kejelasan dan keterbacaan.

 

1: susunan untuk dipakai di ruang yang lebih terbatas. 2: sampel komposisi untuk ruang yang lebih lebar. 3: sampel komposisi untuk ruang yang paling kecil, dimana mungkin gambar dan nama – selama masih dalam satu media yang sama – bisa dimuat di  ruang terpisah
1: susunan untuk dipakai di ruang yang lebih terbatas. 2: susunan untuk ruang yang lebar. 3: susunan untuk ruang yang paling kecil, dimana mungkin gambar dan nama – selama masih dalam satu media yang sama – bisa dimuat di ruang terpisah

 

Pengaturan fleksibilitas pada logo wordpress-salah satu contoh. 1) susunan logo untuk ruang yang memanjang, 2. susunan logo untuk ruang yang lebih pendek, 3. Lettermark saja (tanpa tulisan “wordpress”), yang digunakan diruang bujur sangkar berukuran kecil,  seperti di favicon, dan dashboard icon
Pengaturan fleksibilitas pada logo wordpress-salah satu contoh. 1) susunan untuk ruang yang memanjang, 2)  susunan untuk ruang yang lebih pendek, 3) Lettermark saja (tanpa tulisan “wordpress”) digunakan di ruang bujur sangkar berukuran kecil, seperti di favicon, dan dashboard icon

Intinya bukanlah pada acuan panjang atau lebar, tapi pada keterbacaan dan kejelasan. Itu – suka atau tidak – pintu perspetif agar audiens dapat menggunakan sebuah logo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s